Skema Rangkaian COR Untuk Radio Pancar Ulang, Mudah dan Dapat Dirakit Sendiri

Contoh rangkaian radio pancar ulang yang sudah jadi dan siap difungsikan (Sumber: istimewa)

DwiSatyaMedia - Bagi para teknisi radio atau penghobi radio komunikasi, tentu istilah COR tidak asing lagi. Namun, bagi yang masih belum mengetahui didunia radio atau bahkan yang mau belajar, istilah COR tentu masih mereka-reka. Apa sebenarnya COR yang saya maksud pada tulisan ini?

COR adalah singkatan dari Circuit Opening Relay, jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah sirkuit pembuka dengan relay. Bahasa mudahnya menurut saya, yaitu rangkain yang mampu membuka signal dari radio satu ke radio lainnya.


Tentu, dalam hal ini sangat erat kaitannya dengan produksi Radio Pancar Ulang (RPU). Bagi anggota RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) dan ORARI (Organisasi Amatir Radio Indonesia) yang akan merakit RPU berikut saya berikan skemanya, saya dapatkan ini langsung dari produsen RPU yang dikenal olehj salah satu grup facebook diskusi radio terkemuka yaitu Pak Sugeng Heriyadi, berikut rangkainnya selamat mencoba.


Tegangan minus adalah HT / RIG yang titik COSnya memiliki nilai negatif, misal tidak ada sinyal akan tetap bertegangan 5 Volt dan jika ada Sinyal akan memiliki daya 0 Volt (mati)Tegangan minus adalah HT / RIG yang titik COSnya memiliki nilai negatif, misal tidak ada sinyal akan tetap bertegangan 5 Volt dan jika ada Sinyal akan memiliki daya 0 Volt (mati)
Tegangan minus adalah HT / RIG yang titik COSnya memiliki nilai negatif, misal tidak ada sinyal akan tetap bertegangan 5 Volt dan jika ada Sinyal akan memiliki daya 0 Volt (mati)

Rangkaian Tegangan Plus (+) adalah jika ada sinyal titik COSnya akan mengeluarkan daya 5 Volt, jika tidak ada sinyal akan tetap mati (0 Volt)

 

Demikian informasi tentang skema untuk merakit COR, pengalaman saya membuat rangkaian diatas tidak banyak membutuhkan modal, sangat terjangkau apalagi jika sudah dibekali dengan kemampuan dasar elektronika. Jika Anda belum memahami tentang rangkaian diatas, carilah pendampingan kepada orang disekitar Anda yang sudah memilki ilmu dibidang elektronik atau Anda dapat menghubungi saya melalui email dwisatya0@gmail.com

***

LihatTutupKomentar
Cancel

saya menerima komentar Anda dalam bentuk yang mudah dibaca, mudah dipahami dan yang pasti sopan.

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk berkomentar di blog saya. Komentar dapat diketik pada kolon dibawah ini: